Apakah Normal Setelah Makan Beberapa Menit Kemudian Langsung BAB ? - KESEHATAN ABI -->

Header Ads

Apakah Normal Setelah Makan Beberapa Menit Kemudian Langsung BAB ?



sumber gambar : doktersehat.com


Perkenalkan nama saya Nita (26 th). Dok, saya setelah makan pagi terus 10-15 menit jadi langsung BAB yah, nah kesesokan harinya pun sama dan kali ini entah kadang siang atau malam hal seperti itu jadi kebiasaan Dok,setelah makan pasti tidak lama BAB lagi,,BAB lagi.
Apakah ini normal Dok,saya Takut Kalo ini gejala Penyakit entarnya.
Makasih Dok, ditungguu jawabannya.

Hello Nita, Setelah makan bisa saja merupakan suatu kondisi yang normal. Normalnya makanan yang masuk ke dalam saluran cerna perlu diproses terlebih dahulu. Proses pencernaan biasanya dan terjadi kira-kira memerlukan waktu 3-5 jam, hingga bisa lebih cepat atau lambatnya  tergantung makanandimakan. yang banyaknya dikonsumsi dan makanana apa yang dan kondisi usus kita. Akan tetapi ada juga kondisi yang dapat menyebabkan BAB cepat keluar setelah makan,IBS ini merupakan gangguan fungsional usus besar,penyebabnya tidak diketahui. Pada beberapa penelitian ditemukan keterkaitan antara stres dan faktor psikis lainnya dengan IBS.

Inilah Gejala – Gejala IBS antara lain yang patut harus anda ketahui :


  1. Perut kembung
  2. Rasa ingin BAB meski telah melakukannya berulang kali
  3. Nyeri atau kram pada perut
  4. Diare, terutama setelah sarapan pagi
  5. Feses berlendir
  6. Konstipasi

Perlu adanya pemeriksaan langsung oleh dokter untuk lebih mengetahui bagaimana diagnosis IBS. Dokter juga harus memastikan setiap keluhan seperti ini agar tidak disebabkan oleh penyakit lain seperti akan terjadinya infeksi saluran cerna, radang, tumor, dll. Kondisi yang harus cepat diberi Penanganan terbaik IBS adalah dengan selalu di anjurkan mengonsumsi makanan yang bergizi, termasuk sayur dan buah. Selain itu anda juga harus menghindari makanan dan minuman yang membuat Anda merasa tidak nyaman, seperti lemak dan kafein (tergantung masing-masing orang). Manajemen stres yang baik juga dinilai dapat mengurangi keluhan yang ada. Tidak ada obat tertentu untuk IBS.


Beberapa obat seperti obat diare, obat konstipasi, dll mungkin diperlukan apabila ada indikasinya dari dokter. Semoga informasinya bermanfaat ya drs. Muhammad yandri fatilillah.
Tapi jika masalah BAB ini bukan karena diet atau konsumsi obt, Anda mungkin mengidap penyakit singkat yang menargetkan perut Anda, seperti virus perut atau keracunan makanan. Bila demikian, Anda hanya cukup membiarkannya berlalu. Jika pola kotoran Anda tidak kembali normal setelah dua minggu atau berulang setiap beberapa minggu atau bulan dan disertai pendarahan, lendir, sakit perut, demam, dan mual, segera temui dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

4 Responses to "Apakah Normal Setelah Makan Beberapa Menit Kemudian Langsung BAB ?"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel