5 Hal yang Menyebabkan Gusi Berdarah - KESEHATAN ABI -->

Header Ads

5 Hal yang Menyebabkan Gusi Berdarah

sumber : hellosehat.com

Sejak dini kita diajarkan bagimana menyikat gigi dengan benar etah dirumah atau pun disekolah, namun perlunya pengawasan terhadap orang tua dengan cara yang benar merawat gigi agar tetap sehat, selain itu bukan gigi saja yang dijaga setiap harinya begitupun dengan gusinya agar membersihkan diarea mulut total gigi dan gusi.

Gusi adalah salah satu jaringan penyokong gigi, yang terdiri dari jaringan mukosa yang menutupi tulang maksila dan mandibula didalam rongga mulut. Gusi yang sehat ditandai dengan warna merah muda, memiliki permukaan yang halus, bertekstur padat, dan tahan terhadap adanya pergerakan.

kesehatan gusi sering kali dianggap remeh. Padahal gusi yang tidak sehat dapat menyebabkan gingivitis atau radang gusi yang menimbulkan rasa sakit dan ketidaknyamanan. Ketika terjadi peradangan pada gusi (gingivitis), di sekitar gusi terbentuk kantung-kantung yang memisahkan gusi dengan gigi. Seiring peradangan terus berlangsung, kantung akan semakin dalam dan mudah berdarah, misalnya saat sikat gigi atau saat mengunyah biasa.

Namun demikian, gusi berdarah pun dapat terjadi akibat menyikat gigi terlalu keras atau memakai gigi palsu yang tidak pas. penyebab gusi sering berdarah ada beberapa hal yaitu :

1. Jarang sikat gigi

Sudah sejak dini Kita semua dianjurkan untuk sikat gigi setidaknya dua kali sehari untuk mencegah timbulnya plak pada gigi. Karena dengan malas menyikat gigi, maka risiko terbentuknya plak pada gigi menjadi lebih besar. Plak gigi merupakan lapisan tipis, lunak, dan mengandung bakteri yang melekat di permukaan gigi akibat adanya sisa makanan yang menempel pada gigi. Sisa plak gigi yang menempel pada waktu lama akan menjadi karang gigi. Penumpukan plak pada gigi juga meningkatkan risiko terjadinya peradangan pada gusi, yang ditandai dengan gusi berdarah.

2. Kekurangan vitamin C dan K
Vitamin C seperti buah jeruk, melon, dan jambu biji, berperan untuk memperkuat gusi, membuatnya lebih tahan terhadap bakteri dan mempercepat proses penyembuhan luka. Kekurangan vitamin C tentu dapat menyebabkan gusi berdarah. Selain itu, kekurangan vitamin K yang biasa didapat dar kacang kedelai dan sayuran berwarna hijau, juga dapat menyebabkan gusi berdarah. Vitamin K berperan untuk pembekuan darah.

3. Kebiasaan merokok
Kebiasaan merokok sudah terbukti merusak kesehatan tubuh, termasuk kesehatan gigi dan mulut. Kebiasaan merokok ternyata dapat membuat jaringan gusi sulit diperbaiki, sehingga saat terjadi trauma pada gusi, gusi akan lebih rentan berdarah dan bengkak.

4. Menyikat gigi terlalu keras
Menyikat gigi terlalu keras dapat menimbulkan trauma pada gusi, yang ditandai dengan gusi berdarah. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk menyikat gigi secara perlahan, menggunakan sikat gigi dengan bulu lembut, dan mengganti sikat gigi setidaknya tiga atau empat bulan sekali. Mengganti sikat gigi bulu lembut dengan bulu yang lebih kasar juga dapat menimbulkan gusi berdarah.

5. Posisi gigi yang tidak teratur

Posisi gigi yang tidak teratur dapat meningkatkan risiko sisa-sisa makanan terselip pada gigi. Hal tersebut membuat sisa makanan menempel pada gigi, menimbulkan plak, dan menyebabkan gusi berdarah.



Sebelum anda terkena gigi berlubang akibat tidak bisa menjaga gigi anda dan tidak seringnya mengosok gigi. Akan akitabnya gejala diatas 

1 Response to "5 Hal yang Menyebabkan Gusi Berdarah"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel