5 AKIBAT MEROKOK DAN DAMPAKNYA !!! Beginlah caranya agar bisa BERHENTI !!! - KESEHATAN ABI -->

Header Ads

5 AKIBAT MEROKOK DAN DAMPAKNYA !!! Beginlah caranya agar bisa BERHENTI !!!



sumber gambar : google

Bahaya merokok dan dampaknya bagi kesehatan


tidak sedikit orang yang kita kenal entah itu dimuali dari kerabat atau teman, khusunya bagi pria tentunya sudah mengenal yang namanya rokok, bahkan ada yang sejak sekolah sudah terbiasa menghisap rokok. Padahal asapnya juga bisa mempengaruhi orang disekitarnya apa lagi anak-anak atau bayi sekalipun karena tercemari oleh asap rokok.

Apakah anda perokok ?
Berapa batang / bungkus dalam sehari yang di habiskan ?
Anda Merkok Sejak umur Berapa ?
Apakah Ada kemungkinan untuk Berhenti Merokok !!!
Merokokan BAHAYA , Merokokan Tidak sehat juga Untuk Paru !!!!

Pertanyaan diatas adalah hal paling sangat sering ditanyakan bagi para perokok aktif,  Bagi anda yang sudah terlanjur Menjadi Perokok cobalah untuk berhenti. Dan tidak banyak orang juga mengatakan “ saya besok muai berhenti merokok'' tapi beberapa hari kemudian kembali lagi untuk menghisap beberapa batang atau bungkus untuk dihabiskan dalam sehari. Kemungkin hal seperti ini terjadi dan adalah karena faktor lingkungan atau dari diri sendiri yang masih belum ada niatan untuk berhenti merokok. Memang tidaklah mudah untuk menghilangkan kebiasaan ini dan menjauh dari kandungan nikotin yang ada di di dalam rokok tersebut. Sebatang rokok saja mengandung lebih dari 4000 bahan kimia, banyak diantaranya bersifat racun dan menyebabkan kanker. Menghisap rokok setiap hari sama saja seperti menumpuk racun dalam tubuh yang nantinya akan berdampak buruk bagi kesehatan. Banyaknya peringatan mulai dari bungkus rokok atu iklan di pinggir- piggir jalan dengan jelas begitu besar terpangpang Peringatan ROKOK ITU BAHAYA !tapi masih banyak orang yang masih merokok.

Perlu anda Ketahui bahaya apa saja Rokok yang Anda isap bisa menimbulkan beberapa gangguan kesehatan. Berikut ini dampak Merokok bagi kesehatan :

1. Paru-Paru
Merokok bisa menyebabkan kanker paru bagi pria dan wanita. Risiko kematian karena kanker paru 23 kali lebih tinggi pada pria perokok dan 13 kali lebih tinggi pada wanita perokok dibandingkan dengan mereka yang bukan perokok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bukan perokok yang tinggal bersama orang yang merokok memiliki risiko 24% lebih tinggi untuk mengidap kanker paru. Selain itu, orang yang merokok juga bisa menyebabkan Anda mengidap kanker kantung kencing, rongga mulut, pita suaara, serviks, ginjal, pankreas, dan perut.

2. Jantung

Seseorang  yang merokok bisa mengidap penyakit jantung koroner. Penyakit itu merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi di Indonesia. Ketahuilah bahwa perokok memiliki peluang 2-4 kali lebih tinggi untuk mengidap penyakit jantung dibandingkan dengan orang yang bukan perokok. Semakin banyak rokok yang Anda isap, semakin besar pula kesempatan mengembangkan penyakit jantung atau menderita serangan jantung atau stroke.

3. Penyakit mulut

Penyakit mulut juga bisa diderita oleh perokok. Penyakit mulut tersebut, diantaranya kanker mulut, kanker leher, penyakit gigi, dan penyakit pada gigi dan napas.

4. Gangguan janinBagi para wanita yang merokok, ketahuilah bahwa merokok bisa berakibat buruk pada kesehatan reproduksi dan janin dalam kandungan dan kehamilan. Selain itu, merokok juga bisa membuat anda Megalami Kemandulan dan keguguran pada janin, bayi lahir dengan berat badan rendah, dan sindrom kematian mendadak bayi.

5. Gangguan pernapasanMerokok bisa meningkatkan risiko kematian karena penyakit paru kronis hingga 10 kali lipat. Sekitar 90% kematian karena npenyakit paru kronis yang disebabkan oleh rokok. Dari sekian banyaknya dampaknya bagi penderita sakit dalam organ tubuh manusia karena rokok penyakit diatas paling dominan diindonesia.
bagi anda yang ada niatan untuk berhenti mulailah dari sekarang.
dan bagaimana kah cara anda untuk memulai langkah untuk behenti ?

5 TIPS SEDERHANA YANG DILAKUKAN UNTUK BERHENTI MEROKOK.
Sebenarnya berhenti merokok tergantung niatan dari orang itu sendiri seperti yang saya terarangkan di atas. Banyak cara untuk menjauhi rokok dan kegiatan ini yang coba nanti kalian lakukan. Salah satunya :

1. Publikasikan keputusan anda untuk berhenti merokok

Biarkan teman-teman dan tahu keputusan anda untuk berhenti merokok. Dapatkan dukungan ke orang dekat anda untuk selalu mengingatkan anda tentang target anda berhenti merokok dan manfaat kesehatan setiap kali anda merasakan keinginan yang kuat untuk merokok.

2. Mulai dengan cara yang mudah

Rekamlah dalam kondisi apa anda lebih sering merokok (kebosanan, kecemasan, persahabatan, kesepian, menonton televisi, bermain kartu, kopi, dll). Beri nilai 0 sampai 5 dengan kriteria 0 adalah “seperti kereta api” dan 5 adalah “hanya jika diperlukan”. Cari saat di mana anda merokok “seperti kereta api”, dan buatlah upaya untuk mulai berhenti merokok secara bertahap. Dengan cara ini anda akan membuat awal yang baik dan juga meningkatkan kepercayaan diri anda untuk melanjutkan pada tahap untuk berhenti merokok sepenuhnya.

3. Hindari kebiasaan yang membuat anda merokok
Hindari alasan utama yang menyebabkan keinginan anda untuk merokok seperti minum kopi. alkohol, acara malam, berdebat dll. Jika anda tidak bisa melawan godaan, cobalah untuk mengkonsumsi produk susu, buah-buahan dan sayuran lebih banyak, seperti telah ditunjukkan dalam survei bahwa makanan tersebut akan memberikan cita rasa yang kurang enak dalam merokok.Juga hindari kebiasaan yang selalu anda kombinasikan dengan merokok seperti menonton televisi, membaca majalah atau surfing internet.

4. Carilah kesibukan
Terutama di hari-hari awal anda mencoba, carilah kesibukan dengan hal-hal yang anda sukai dan cobalah untuk tidak meninggalkan banyak waktu untuk menyendiri sehingga terpikir keinginan untuk merokok. Juga, cobalah untuk mengalihkan keinginan tersebut dalam kegiatan yang intens, misalnya dengan melakukan beberapa kegiatan olahraga, berjalan atau bersepeda.

5. Tidur lebih banyak
Cobalah untuk tidur lebih banyak dari yang biasanya anda lakukan. Tubuh dan jiwa menjadi lebih lelah karena upaya untuk berhenti merokok sehingga membutuhkan istirahat lebih banyak. Disamping itu, jam tidur adalah saat dimana anda tidak berpikir untuk merokok.

5 cara di atas paling ampuh untuk berhenti merokok setidaknya juga bisa mengurangi rokok. Yang paling penting anda berusaha mencoba dengan nitan hati yang kuat supaya tidak memegang atau tergoda dengan rokok. selamat mencoba gan, tetaplah berusaha dan terus menjaga pola hidup sehat jauhi rokok





1 Response to "5 AKIBAT MEROKOK DAN DAMPAKNYA !!! Beginlah caranya agar bisa BERHENTI !!!"

  1. sangat bermanfaat sekali buat perokok aktif ini artikelnya..thanks gan

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel