Cara Mengatur Waktu Tidur yang Sehat dan Tetap fit Tiap Hari - KESEHATAN ABI -->

Header Ads

Cara Mengatur Waktu Tidur yang Sehat dan Tetap fit Tiap Hari


sumber gambar : brilio.com

Tidur sangatlah penting terhadap kesehatan tubuh sepanjang hari. Jika Memiliki tidur yang berkualitas tentunya membantu dan menjaga kesehatan fisik, kesehatan mental , kualitas hidup secara umum. Kurang tidur dapat mempengaruhi kemampuan berpikir, bereaksi, produktivitas, kerativitas, belajar serta bekerja, sehingga memberikan dampak buruk terhadap tubuh.


sementara banyak cara untuk menjaga kesehatanyang optimal, begitu juga dengan tidur karena dengan tidur, tubuh akan istirahat dari aktifitas seharian  beristirahat dalam kondisi tidur, otak Anda akan tetap sibuk, mengawasi berbagai perawatan biologis yang akan membuat tubuh kembali lagi segar dan mempersiapkan untuk aktifitas di esok hari. orang yang tidur 7-8 jam setiap malam sangat berbeda dengan dibandingkan orang yang tidur kurang atau lebih dari jam tidur yang ditetapkan.

Jika Anda membiasakan jadwal tidur yang teratur, tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, pasti akan merasa jauh lebih segar dan berenergi daripada jika Anda tidur dalam jumlah yang sama dalam jam pada waktu yang berbeda.

Bisakah anda mengatur pola waktu yang benar dan sehat untuk tubah anda tetap fit tiap hari, hal yang harus anda lakuan sebagai berikut :

1. waktu tidur yang teratur

tidurlah pada waktu jam yang sama setiap malam. Ketika anda merasa lelah tidur akan lebih cepat . Cobalah untuk tidak mematahkan rutinitas pada akhir pekan ketika mungkin tergoda untuk tidur sampai larut malam. Jika Anda ingin mengubah waktu tidur Anda, membantu tubuh Anda menyesuaikan diri dengan membuat perubahan secara bertahap harian kecil.

2. Bangun pada waktu yang sama
setiap hari
Ketika  Anda mendapatkan cukup tidur. Akan terbiasa bangun tanpa alaram, atau anda mengatur alam terlebih dahulu  atau tanpa alaram jika akan bangu di akhir pekan. Dengan sendirinya hal bangun dari tidur lebih teratur.

3. Menebus tidur yang hilang

Jika anda ingin menebus tidur anda yang hilang karena faktor, pekerjaan ketika anda mendapatkan kerja shif. Usahakan mempunyai waktu tidur yang cukup walaupun di siang hari.

4. Jadilah cerdas tentang tidur siang

Mengambil waktu tidur siang adalah cara yang bagus, entah ketika dijam istirahat bekerja atau pun sekolah. Karena bagus untuk mengistrhatkan otak dan menghilangkan lelah sejenak, cikup dengan 15-30 menit

5. Melawan kantuk setelah makan

biasanya anda mengantuk setelah makan disore atau menjelang malam. Jika belum di jam tidur anda, lawanlah dengan hal yang membuat tidak mengantuk sementara seperti maen PS, atau Belajar terlebih dahulu.

Dengan kita melakukan dan menjalankan pola tidur yang baik secara teratur anda akan bisa menjaga kesehatan dan juga kebugaran tubuh kita masing-masing yang dalam kesehariannya telah menjalani aktifitas kehidupan dan bergelut dengan rutinitas pekerjaan kita.

2 Responses to "Cara Mengatur Waktu Tidur yang Sehat dan Tetap fit Tiap Hari"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel