Penyabab Terkena Rematik dan Cara untuk Mengatasinya - KESEHATAN ABI -->

Header Ads

Penyabab Terkena Rematik dan Cara untuk Mengatasinya




Rheumatoid arthritis disebabkan oleh adanya kesalahan pada sistem imun seseorang yang menyerang sinovium atau sebuah membran yang melapisi sendi-sendi dalam tubuh. Akibatnya, sinovium menjadi meradang dan menyebabkan kerusakan pada tulang rawan dan tulang di sekitar sendi.


Seperti yang diungkapnya sebelumnya, mengidap rematik di usia muda erat kaitannya dengan kondisi genetik. Terkadang orang dengan genetik tertentu sistem kekebalan tubuhnya punya kecenderungan melepaskan tingkat protein tertentu lebih tinggi. Kondisi ini membuat dia lebih rentan mengalami rematik.


Mengatasi gejala rematik
Mengatasi gejala rematik merupakan hal utama yang dicari para penderita rematik. Nyeri sendi yang hilang timbul mengganggu aktivitas sehari-hari. Berikut beberapa cara mengatasi gejala rematik.

Biasanya, dokter akan meresepkan Anda obat pereda rasa sakit untuk mengurangi gejala rematik yang mengganggu. Selain itu, ada beberapa cara mengatasi gejala rematik.

1. Berhenti merokok!
Merokok membuat Anda berisiko mengalami masalah kesehatan yang serius ke depannya terutama dalam penyakit rematik. Merokok menyebabkan peradangan yang dapat memperburuk gejala rematik terutama nyeri sendi.

2. Sadari penggunaan sendi Anda
Menyadari penggunaan sendi di setiap aktivitas membuat Anda dapat mengurangi tekanan pada sendi yang mengalami gejala rematik.

Kegiatan mengangkat barang dan menggerakkan daun pintu melibatkan dan memberi tekanan pada sendi Anda. Pertimbangkan penggunaan sendi Anda dengan baik.

3. Panas dan dingin
Memberi kompres dingin dengan es batu pada sendi yang meradang dapat mengurangi bengkak. Sensasi dingin juga dapat membantu sedikit mengurangi rasa nyeri.

Namun, jika Anda mengalami gejala rematik seperti nyeri dan tegang, mandi atau berendam di air hangat membantu meredakan hal tersebut. Selain mandi atau berendam, Anda bisa menggantinya dengan menggunakan handuk yang telah direndam di air hangat.

4. Istirahat dan relaksasi
Penting bagi Anda memiliki jumlah jam tidur yang cukup. Usahakan tidur delapan jam setiap malam. Namun, jika malam tidak cukup memenuhi kebutuhan tidur Anda, istirahat saat siang hari dapat membantu.

5. Jahe
Jahe sering kali digunakan sebagai salah satu alternatif saat ada keluhan mual atau tidak enak pada perut. Jahe mengandung zat yang memiliki efek anti radang. Mengonsumsi jahe dipercaya dapat mengurangi peradangan seperti gejala rematik.

0 Response to "Penyabab Terkena Rematik dan Cara untuk Mengatasinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel