Tips Untuk Melakukan Lari Pagi dan Manfaatnya Bagi Tubuh - KESEHATAN ABI -->

Header Ads

Tips Untuk Melakukan Lari Pagi dan Manfaatnya Bagi Tubuh



Sibuknya rutintas setiap hari kandang membuat kita akan lupanya bagaimana cara pola hidup sehat. Hanya meluangkan waktu untuk istirahat dan bekerja saja, dalam setiap gerakan untuk melakukan berbagai aktifitas kita otot juga perlu pemanasan sebenrnya agar tidak terlalu kaku dan kaget dalam setiap gerakan.


Perlunya Olahrga kecil atau disebut pemanasan sebelum melakukan kegiatan dalam bekerja. hal yang harus dilakukan jika anda terlalu siibuk luangkan olahraga disetiap pekannya seperti lari pagi karena manfaat lari pagi itu memang baik untuk tubuh, Dengan melakukannya secara rutin, kamu dapat melatih seluruh otot tubuh untuk berkoordinasi dengan baik. Selain itu, manfaat lari pagi lainnya adalah melatih sistem pernapasan agar tak mudah capek dan ngos-ngosan saat melakukan aktivitas fisik.

Memulai aktivitas lari pagi dengan melakukan pemanasan ringan adalah hal yang sangat penting. Tak perlu lari pagi dengan durasi yang lama kalau memang belum terbiasa berolahraga. Cobalah untuk berlari selama 20-30 menit ketika baru mulai mencoba olahraga lari. Selanjutnya, intensitas dan durasi lari bisa ditambah setelah mulai terbiasa. Di samping manfaat kesehatan dan kebugaran tubuh, lari pagi juga akan membuat kamu menghirup udara pagi yang segar dan berkenalan dengan teman-teman baru yang dijumpai. Hal ini sudah pasti dapat membantu mengurangi stres kan.

Menurut studi, untuk seseorang yang mengalami kesulitan menjadikan olahraga sebagai rutinitas tetap, maka melakukannya di pagi hari merupakan salah satu pilihan terbaik. Olahraga pagi hari juga sangat menguntungkan, karena tidak terganggu oleh kesibukan sehari-hari. Meski hingga saat ini, belum ada bukti ilmiah yang membuktikan kalori yang dibakar akan lebih banyak pada waktu-waktu tertentu.Lari pagi sebagai aktivitas fisik terstruktur sangat baik untuk membakar Kalori.Secara rata-rata, berlari dengan kecepatan 8 km/jam akan membakar sekitar 295 kalori. Sementara, berjalan dengan kecepatan sekitar 5,5 km/jam mampu membakar 140 kalori. 

Salah satu manfaat lari pagi baik untuk tubuh kita antara lain adalah :

Bisa Menurunkan Berat Badan

Sebenarnya Manfaat lari pagi banyak untuk tubuh, salah satunyaUntuk menurunkan berat badan dengan manfaat lari pagi, upayakan berolahraga dengan sekitar 3 kali per minggu dengan total waktu sekitar 60-90 menit. Namun, bagi pemula dapat mulai berolahraga sekitar 10 menit per hari. Kemudian, tingkatkan secara bertahap.
selain lari pagi, olahraga yang disarankan dilakukan pada awal hari antara lain Bersepeda , senam , Yoga ataupun angkat beban.

Meningkatkan Kualitas Tidur 


Manfaat Olahraga pagi lainnya termasuk lari pagi, dapatut seorang ahli, hal ini merupakan faktor penting dalam menurunkan berat badan. Kualitas tidur yang buruk akan memengaruhi hormon tertentu dalam tubuh yang memengaruhi nafsu makan. Kebutuhan tidur yang cukup akan memperbaiki keseimbangan hormon sehingga tubuh mampu mengendalikan nafsu makan.

Meningkatkan Stamina ( Fisik ) 

Pastinya Lari Pagi juga meningkatkan Stamina dapat juga didefinisikan sebagai kebugaran tubuh. stamina bisa diperoleh dengan melakukan berbagai latihan fisik, seperti cardio. Selain menjaga stamina, cardio juga biasanya dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung sekaligus membakar kalori.

Tips Untuk Melakukan Lari Pagi 


suhu tubuh yang rendah pada pagi hari membuat pemanasan yang cukup sebelum olahraga menjadi sangat penting. Selain itu, beberapa hal yang dapat dilakukan antara lain.

1. Konsumsi buah, jus atau susu dan air putih
30 menit sebelum lari pagi. Tapi jangan terlau banyak , Hal ini penting untuk menghindari rasa pusing atau rasa lelah berolahraga saat perut kosong. Namun hindari kopi


 2. Lakukan peregangan sebelum atau setelah lari pagi
Hal ini akan membantu tubuh lebih lentur dan mencegah cedera. Bungkukkan badan hingga tangan mencapai jari kaki atau putar kepala ke arah kanan dan kiri


 3. Tetap usahakan untuk berolahraga di akhir pekan
Jika Anda menjadikan olahraga pagi hari sebagai bagian rutinitas, sebaiknya tetap lakukan pada akhir pekan tentunya agar hidup menjadi sehat.


Bagi Anda yang menderita tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, ataupun memiliki risiko penyakit jantung, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu jika ingin memulai berolahraga. demi menjaga kesehatan anda tetap stabil dan hidup sehat.  

1 Response to " Tips Untuk Melakukan Lari Pagi dan Manfaatnya Bagi Tubuh"

  1. Wah, ini kalau habis dari lari cocok gak minum minuman dingin?? :D

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel