5 Penyakit ini Wajib diWaspadai Ketika Musim Hujan Turun - KESEHATAN ABI -->

Header Ads

5 Penyakit ini Wajib diWaspadai Ketika Musim Hujan Turun



sumber gambar : satumedia.net


Musim hujan diindonesia biasanya terjadi awal bulan septtember sampai bulan dibulan desember. Hujan yang biasa mengguyur beberapa wilayah kota di indonesia. Adanya dengan curah hujan yang tinggi juga dapat menimbulkan banjir. Dampak buruknya, kesehatan menjadi menurun dan banyak terserang penyakit. Hal ini ditambah dengan kondisi lingkungan yang tidak bersih terkontaminasi dengan makanan dan minuman yang dikonsumsi. Biasanya ketika terjadi hujan dan banjir, akan disertai banyak munculnya penyakit-penyakit tertentu yang dapat menyebabkan meningkatnya kejadian kematian karena terlambatnya penyakit tersebut diobati.

Berikut ini beberapa penyakit yang harus diwaspadai ketika musim hujan tiba :

1. Demam Berdarah

Musim hujan banyak sampah, seperti kaleng bekas, ban bekas, serta tempat-tempat tertentu terisi air, dan terjadi genangan untuk beberapa waktu. Genangan air itulah akhirnya menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk aedes aegypti, nyamuk penular penyakit demam berdarah.
Tindakan pencegahan, dapat dilakukan dengan gerakan pemberantasan sarang nyamuk (aedes agypti) secara aktif berupa menguras bak mandi secara rutin, mengubur kaleng dan ban-ban bekas supaya tidak menjadi tempat genangan air pasca hujan dan banjir serta membersihkan lingkungan sekitar secara rutin.

2. Diare

Saat banjir melanda, sumber air minum (sumur) ikut tercemar dan kotor. Begitu juga di pengungsian, di mana fasilitas dan sarana serba terbatas, termasuk ketersediaan air bersih.
Untuk mengantisipasi datangnya penyakit diare.
Masyarakat perlu membiasakan cuci tangan dengan sabun setiap akan makan atau minum serta sehabis buang hajat.Selalu biasakan merebus air minum hingga mendidih setiap hari, menjaga kebersihan lingkungan, dan hindari tumpukan sampah disekitar tempat tinggal.

3. Flu ( Influenza )
Ketika musim hujan Kebanyakan dari kita sering mengalami flu seperti pilek, sakit kepala, demam dan batuk selama musim hujan. Perlu kiranya kita mengetahui bagaimana penyebaran ketika sedang sakit flu dengan tepat.

Pergunakanlah masker sebagai upaya pencegahan penularan yang lebih luas dan cukupkan asupan gizi makanan. Perbanyak minum air putih serta bisa mengkonsumsi vitamin yang diperlukan. Biasakan melakukan perilaku mencuci tangan secara teratur dan benar karena tangan merupakan salah satu jalan masuk virus ke dalam tubuh.

4. Penyakit Kulit

Hujan dan banjir rentan membawa beberapa bakteri yang menyerang kulit. Serangan bakteri menyebabkan rasa gatal di seluruh tubuh. Penyakit kulit juga bisa disebabkan jamur akibat suhu yang lembab
untuk mengatasi dan mencegahnya menjaga kebersihan berpakaian dan lingkungannya,serta memakai antibiotik

Bagi anda lebih hati-hati dalam memilih makanan hingga membagi waktu istrhat anda agar ketika musim hujan, tubuh anda tetap sehat dan jauh dari penyakit.

9 Responses to "5 Penyakit ini Wajib diWaspadai Ketika Musim Hujan Turun "

  1. Tambahan juga untuk penyakit tipoid mas, apalagi Indonesia sangat endemik dengan penyakit ini. Maklum basic saya 😁

    ReplyDelete
  2. Deman kayaknya termasuk juga mas..

    ReplyDelete
  3. Saya tsering terkena flu malahan gan

    ReplyDelete
  4. nih adik gua dh kena penyakit gan, nomor 4, penyakit kulit

    ReplyDelete
  5. Kalo gidu brati ga terlalu bahaya ya?

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel